blog mya wuryandari

Lejitkan Potensi Diri dengan Talents Mapping Abah Rama

31 komentar

 

talents mapping abah rama

"Setiap orang diciptakan untuk suatu pekerjaan tertentu, dan keinginan untuk pekerjaan itu telah ditanamkan dalam setiap hati."  -Rumi-


Assalamu’alaykum, apa kabar para pembelajar? Semoga senantiasa dalam kondisi sehat dan berbahagia dengan ilmu. Kali ini, Ummi Mya ingin berbagi catatan belajar tentang Talents mapping Abah Rama, yang beberapa waktu lalu ummi ikuti assessment minat bakatnya. Apa sih talents mapping itu, apa manfaatnya dan seberapa penting dilakukan? Yuk sama-sama kita pelajari.

Manusia dengan Syakilah-nya Masing-masing

Sebelum kita masuk pada inti pembahasan, mari kita sedikit mentadaburri ayat AlQur’an yang membahas tentang kondisi individu. Di surah Al Israa ayat ke-84 disebutkan ;

قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِۦ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ أَهْدَىٰ سَبِيلًا

Artinya: Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing". Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.

Ayat ini menyebutkan kata “syakilah” sebagai sesuatu yang dimiliki tiap-tiap orang. Dan “syakilah” ini berbeda keadaannya pada tiap individu yang semakin menegaskan keunikan tiap individu dengan potensinya masing-masing.

Menurut Li Yaddabbaru Ayatih, Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia, disebutkan dalam hadits shahih: "semuanya telah dimudahkan terhadap apa yang diciptakan untuknya", maka perhatikanlah kesesuaian bakat dan kemampuanmu, dan kembangkanlah untuk kamu pergunakan di jalan Allah, untuk ummatmu dan untuk keluargamu, dan janganlah berlagak seperti orang baik padahal kamu belum memberi apa-apa, sehingga kamu termasuk orang yang kelam kabut, tadabburi ayat Allah : 

{ قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِۦ } 

"Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing" { وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا ۖ فَٱسْتَبِقُوا۟ ٱلْخَيْرَٰتِ } 

"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan" [Al-Baqarah : 148].

Melalui ayat ini, Allah memberikan clue pada kita bahwa kita memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga dalam melakukan kebaikan-kebaikan yang banyak macamnya, kita diminta memaksimalkan kemampuan diri sesuai minat, bakat serta potensi yang akan membuat kebaikan-kebaikan tersebut dapat terwujud.

MaasyaAllah, betapa besar kasih sayang Allah yang memberikan kita modal untuk berbuat kebaikan, sesuai dengan pembawaan kita masing-masing. Maka, kini saatnya mengenali potensi tersebut dan memaksimalkannya, agar bisa memberikan kebaikan yang banyak karena dilakukan sesuai dengan potensi masing-masing.

Apa Itu Talents mapping Abah Rama

Talents mapping menurut Abah Rama Royani selaku foundernya, adalah cara asesmen atau menilai dan menggali bakat (karakteristik produktif) dan potensi kekuatan kita dengan tampilan hasil yang lengkap, mudah dipahami dan menarik. Cara ini bisa mengidentifikasi potensi kekuatan individu yang mencakup pengukuran dan pernyataan kekuatan diri (Personal Strengths Statement). Talents mapping adalah kegiatan yang sangat penting dalam rangka untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

Beberapa macam manfaat dari talents mapping adalah membantu mempermudah untuk menemukan bakat yang terpendam, membantu untuk mengembangkan bakat, membantu mengetahui tingkat kepercayaan seseorang, dan membuat orang tidak fokus pada kelemahan yang ada. Untuk menemukannya, kita perlu melakukan tes atau asesmen terhadap diri yakni asesmen minat bakat. Seperti apa asesmennya? Mari kita bahas.

FAQ Seputar Asesmen Minat Bakat

1. Asesmen Minat Bakat

Asesmen Minat Bakat adalah serangkaian tes atau asesmen yang dilakukan dengan tujuan menemukan potensi diri atau bakat yang ada di dalam diri seseorang berdasar fitur-fitur unik yang seringkali belum disadari.

Dalam dunia pendidikan berbagai jurusan atau program studi ditawarkan dengan tujuan agar peserta didik dapat memilih sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki agar tidak terjadi menimbulkan berbagai masalah baik itu secara psikologis, akademik, dan rasional.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemetaan bakat yang nantinya akan sangat membantu dalam perbaikan, peningkatan, dan pengembangan bakat atau keahlian selanjutnya. Karena pemetaan ini tidak hanya sebatas mengetahui potensi diri saja, yang terpenting adalah selanjutnya, bagaimana menggunakan potensi ini dalam strategi yang tepat dan menjadikannya kekuata diri dalam aktivitas-aktivitas produktif.

Melalui tes minat bakat, kita bisa mengetahui potensi diri, termasuk kelebihan maupun kekurangan. Dengan begitu, kita akan lebih terarah untuk focus pada minat dan bakat yang dimiliki, memilih bidang studi yang tepat misalnya sehingga mengurangi kemungkinan kegagalan karir lanjutan akibat salah memilih jurusan.

2. Manfaat Tes/Asesmen Minat Bakat

Ada banyak manfaat mengikuti asesmen ini, diantaranya;

a. Membantu menentukan jurusan studi lanjut

Dengan mengetahui bakat serta minat yang dimiliki, maka akan memudahkan kita dalam memilih jurusan untuk studi lanjutan. Studi yang sesuai dengan minat serta bakat, akan memudahkan untuk menjalaninya serta mendapatkan prestasi yang baik di dalamnya.

Kita menjadi seakan berenang mengikuti arus, bukan melawannya.

b. Membantu memahami cara mengembangkan bakat

Langkah selanjutnya setelah mengetahui potensi diri melaluibakat dan minat yang dimiliki, maka selanjutnya dapat memahami bagaimana cara mengembangkannya. Kita focus akan kelebihan yang dimiliki dan mengantisipasi kekurangan. Dengan begitu, diharapkan memudahkan kita dalam melejitkan potensi diri.

c. Mengenal diri sendiri lebih dalam

Selain biasa digunakan dalam rekrutmen karyawan, talents mapping menjadi salah satu cara mengetahui bakat diri sendiri. Mengetahui bakat dapat memudahkan kita untuk mengetahui potensi diri yang dimiliki dan memilih pekerjaan dengan tepat. Saat melamar pekerjaan pun bakat adalah suatu hal yang paling disoroti karena ada pekerjaan tertentu yang tidak dapat sekadar dipelajari, tetapi membutuhkan bakat khusus.

d. Membantu memetakan jalan karir

Berdasarkan hasil asesmen, kita dapat mengembangkan rencana karir yang sesuai. Ini melibatkan menetapkan tujuan karir, mengidentifikasi peluang pengembangan, menentukan langkah-langkah konkret yang diperlukan untuk mencapai tujuan, dan merencanakan jalur karir yang realistis.

3. Siapa Saja yang Membutuhkan Asesmen Minat Bakat?

Asesmen minat bakat ini dibutuhkan mereka yang perlu mengidentifikasi kekuatan dan minat, merencanakan jalur karir yang sesuai, mengakses pelatihan dan pengembangan yang relevan, dan mendapatkan dukungan dan bimbingan yang diperlukan. Semua itu bisa berasal dari individu, pelajar, karyawan, tim kerja, pensiunan yang ingin mengambil peran lanjutan ataupun orangtua yang ingin memantapkan langkah parenting nya.

Namun disarankan, asessmen ini dilakukan oleh seseorang dengan usia minimal 14 tahun, karena penting untuk memahami pertanyaan yang diberikan dan menjawabnya dengan sesuai. Oleh karena itu diharapkan sudh dapat menilai diri dengan benar, sudah melakukan banyak aktivitas, banyak berinteraksi dengan orang dengan banyak ragam kegiatan.

4. Pelaksanaan Asesmen Minat Bakat Online

Tes/asesmen minat bakat ini dilakukan secara online melalui website. Untuk itu pastikan koneksi internet lancar saat menjalaninya. Untuk devicenya disarankan menggunakan laptop atau PC karena memiliki layer yang lebih lebar sehingga lebih nyaman. Namun bisasaja menggunakan perangkat smartphone, upayakan menggunakan browser Google Chrome dengan update terbaru.

Disarankan untuk tidak pindah perangkat saat mengerjakan asesmen agar menghindari mengulang saat koneksi lambat atau terputus. Namun jika harus, pastikan gunakan email serta masukkan kode referensi yang sama dengan sebelumnya.

Usahakan tidak menyambi saat mengerjakan asessmen ini, siapkan waktu maksimal 1 jam untuk mengisinya.

OASE Indonesia, Lembaga Talents mapping yang Kompeten

OASE Indonesia
Salah satu Lembaga yang menyediakan asesmen minat bakat dalam rangka menjabarkan talents mapping ini adalah OASE Indonesia.

CV. OASE Madani Indonesia berdiri sejak tahun 2010 sebagai Lembaga Pelatihan dan Psikologi Terapan yang berkonsentrasi pada peningkatan sumber daya manusia dalam organisasi. Selain menyediakan berbagai pelatihan sebagai focus utama layanannya, OASE Indonesia terus meluaskan layanan jasa psikologi terapan meliputi asesmen, konsultasi, konsultan Pendidikan, menyediakan jasa MICE, outdoor activity, pelatihan daring-luring ataupun hybrid, pengembangan learning management system, serta penerbitan terkait pelatihan.

OASE Indonesia menyediakan asesmen talents mapping dengan beragam keperluan, antara lain;

1. Talents Mapping for Organization

Upaya meningkatkan kinerja organisasi dengan melihat serta mengembangkan potensi individua tau sumber daya organisasi yang aktif di dalamnya.

2. Talents Mapping untuk Calon Pensiunan

Membantu para pensiunan agar memiliki kegiatan baru yang sesuai dengan passion yang dimiliki, sehingga para pensiunan bisa beradaptasi dengan baik di masa pensiunnya.

3. Talents Mapping for Student

Asesmen Minat Bakat pada pelajar agar lebih tepat dalam memilih studi lanjutan dan jenjang karir yang realistis.

Asesmen Minat Bakat ini tentu saja tidak akan lengkap tanpa adanya sesi konseling yang akan mempermudah kita untuk membaca hasil asesmen serta mendapat pencerahan mengenai arahan potensi yang dimiliki agar bisa dioptimalkan. OASE Indonesia juga menyediakan sesi konseling ini bersama konselor yang mumpuni dan bepengalaman.

Bagi yang berminat menjadi praktisi Talents mapping pun, OASE Indonesia kerapmengadakan pelatihan basic training Talents mapping. Lengkap kan pembelajar.

Pengalaman Asessmen Minat Bakat bersama OASE Indonesia

Nah, kebetulan nih pembelajar, akhir September lalu alhamdulillaah Ummi Mya berkesempatan mengikuti asesmen Minat Bakat dari OASE Indonesia. Sekalian melengkapi catatan belajar di sini, Ummi ingin sharing pengelaman mengikuti asesmennya ya.

Setelah mendaftar, nantinya kita akan mendapat link untuk mengerjakan tes atau asesmen nya secara online. Kita juga akan diberi kode referensi sebagai aksesmasuk ke asesmennya. Asesmen diawali dengan mengisi data-data yang diminta dalam form isian, baru kemudian mulai masuk ke halaman asesmen.

Dimulai dengan mengisi 170 pernyataan kemudian personal strength statement yang berjumlah 114 aktivitas. Terakhir, mengisi 17 pertanyaan terkait GRIT.

Meski menggunakan smartphone, alhamdulillah asesmen berjalan lancar, kita hanya perlu menyiapkan waktu sekitar 1 jam untuk mengisi pernyataan-pernyataan dengan seksama, pahami soal dan jawab sesuai kondisi diri ya pembeajar, supaya hasilnya akurat dengan kondisi diri. Tidak ada soal benar atau salah, karena ini adalah kondisi individu yang berbeda-beda.

Setelah mengisi lembar asesmen, maka kita akan diberi file hasil asesmen yang menjelaskan minat bakat kita dengan data tertulis. Tentu saja, semua itu akan lebih mudah dipahami dengan penjelasan dari praktisi Talents mapping melalui sesi konsultasi. Karenanya setelah itu, Ummi Mya diberi jadwal konsultasi. Untuk sesi konsultasi ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Beruntungnya, karena kantor OASE Indonesia letaknya tidak jauh dari rumah, maka Ummi Mya berkesempatan untuk mengikuti sesi konseling secara offline.

Satu jam yang disediakan rasanya berlangsung sangat cepat, hehe seseru itu memang membahas kondisi diri ini dan berkonsultasi tentangnya. Kita akan mendapat gambaran yang lebih jelas tentang bakat yang kita miliki dan bagaimana agar ia berkembang, bagaimana memberinya stimulus yang sesuai, lalu kondisi lingkungan seperti apa yang cocok dengan kondisi kita serta dengan siapa saja kita kan sangat baik jika berkolaborasi. Hal-hal seperti itu yang akan dibahas, salah satunya.

Yang ummi mya rasakan adalah, banyak pencerahan yang bisa kita dapatkan, kita akan lebih fokus pada kelebihan yang kita miliki, memaksimalkannya untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang patut diperjuangkan. Bukan berarti mengabaikan kelemahan, hanya saja kita tidak perlu habiskan energi untuk meningkatkan hal yang di luar jangkauan kita, kita bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan individu-individu yang memiliki bakat yang saling melengkapi. 

MaasyaAllah, hikmah lainnya adalah karena kita sejatinya makhluk sosial, maka kolaborasi untuk meningkatkan produktivitas ini menjadi keniscayaan, karena sejatinya tidak ada yang sempurna, namun kita bisa saling menyempurnakan, insyaAllah.
Kabar baiknya, selama bulan Oktober ini, OASE Indonesia sedang mengadakan promo talents mapping dengan harga khusus. Kita bisa mendapatkan kesempatan asesmen minat bakat dengan biaya yang lebih ringan. Jangan disia-siakan kesempatan ini ya, pembelajar, silakan langsung saja daftar ke OASE Indonesia.

Atau bagi pembelajar yang tertarik untuk menjadi praktisi Talents mapping juga bisa mengikuti pelatihan basic Talents mapping bersama foundernya langsung, yakni Abah Rama, yang juga akan diselenggarakan di bulan Oktober ini oleh OASE Indonesia.

TM OASE Flyer

Penutup

Talents (bakat) adalah pola pikir, perasaan atau perilaku alamiah, yang muncul berulang-ulang serta bisa dimanfaatkan secara produktif.

Asesmen Talents Mapping merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menemukan potensi bakat dan kekuatan seseorang. Hasil Asesmen ini memadukan hasil Talents Mapping dengan Personal Strength Statement dan Strength Typology kita. Talents Mapping menggali sifat produktif (bakat) seseorang dan menginterpretasikan kekuatan terkait peran melalui bakat dominan.

Dengan asesmen ini, kita bisa lebih memahami diri sendiri mengenai kekuatan apa yang kita miliki, menguatkannya dan menggunakannya untuk melalukan kebaikan, baik untuk diri sendiri ataupun orang lain. Kita menjadi lebih mudah terbantu tanpa harus bingung mengenai apa sebenarnya potensi yang kita miliki.

Kita juga bisa menghindari kondisi yang tidak sesuai dengan bakat alami serta minta kita, untuk menghindari kegagalan dalam berusaha, atau menemukan partner yang tepat jika ingin berkolaborasi. Talents Mapping ini juga dapat dijadikan sebagai alat untuk beberapa kepentingan baik untuk pribadi, kelompok, organisasi, atau perusahaan.

Demikian berbagi Ummi Mya tentang Talents Mapping kali ini ya pembelajar, semoga bermanfaat. Salam semangat.



Ummi Mya.





Related Posts

31 komentar

  1. Ya allah umi mya ini yang dicari dari dulu talent mapping..banyak hal yang mau dipraktekkan nih

    BalasHapus
  2. Ternyata tallent mapping ada banyak jenis dan jenjang usia ya..aku pikir cuma utk yg mau kerja saja jadi bisa menentukan passion dia dimana..
    Jadi tertarik juga buat ikutan apalagi ini mumpung ada promo yaa lumayan kan jadi bisa sekalian mengenali potensi diri

    BalasHapus
  3. Kami sekeluarga pernah tes nih dari Abah Rama. Masih nyimpen rasanya print out hasil testnya. Dulu belum pakai HP kalau ga salah sih. Bagus sih, jadi percaya diri dengan potensi diri. Coba cek lagi ah, cocok ga ya dengan profesi anak-anak sekarang...

    BalasHapus
  4. Owhh begitu tohh. Baru tahu seputar mapping nya. Kalo dilihat agak panjang ya prosesenya, heheheh


    Newsartstory

    BalasHapus
  5. Luar biasa daging banget ini kontennya, apalagi terkait tentang menggali dan memanfaatkan potensi dalam diri sendiri. Terima kasih sudah bersedia berbagi semua ini Ummi. Sukses selalu untuk Ummi dan keluarga.

    BalasHapus
  6. Ternyata ada ya... talent mapping untuk pensiun, pasti bantu banget ini jadi mereka tahu apa yang harus dilakukan sesuai dengan minat dan bakatnya setelah tidak aktif lagi bekerja di kantor.

    BalasHapus
  7. Pas banget nih di perusahaan tempat aku bekerja juga lagi melakukan assessment minat dan bakat buat para karyawan. Pastinya ini membantu banget bagi para karyawan dalam mengembangkan Skill. Mereka

    BalasHapus
  8. Wah bagus ya Asesmen Talents Mapping ini. Bisa jadi salah satu alat yang digunakan untuk menemukan potensi bakat dan kekuatan seseorang. Pas nih anakku yang kelas X masih bingung mau ambil prodi apa saat kuliah nanti bisa nih ikutan coba asesmennya

    BalasHapus
  9. Jadi sedikit tertampar dengan kalimat "dan janganlah berlagak seperti orang baik padahal kamu belum memberi apa-apa". Jadi sebagai manusia memang sudah seharusnya ya kita berjuang maksimal untuk bermanfaat bagi manusia dan alam sekitar. Talents mapping seperti bersama Abah Rama ini memang diperlukan ya untuk memetakan kekuatan diri agar bisa digunakan secara optimal.

    BalasHapus
  10. Mengetahui potensi diri itu sangat penting
    Agar potensi yang kita miliki bisa menjadi bskat yang produktif
    Itu yang juga aku pelajari dari Talents Mapping Abah Rama

    BalasHapus
  11. Kadang suka mikir kalau ikutan Talents mapping Abah Rama di usia uda punya anak tuh bakalan berefek panjang gak yaa..
    Tapi aku uda pernah ikutan beberapa tahun yang lalu. Sampai beli bukunya juga buat panduan dan penjelasannya.

    BalasHapus
  12. Mengenali potensi diri dan bakat sangatlah penting. Hal ini membantu agar tidak salah dalam memilih jurusan maupun bidang yang diminati di masa depan. Jangan sampai apa yang kita tekuni menjadi kurang optimal karena salah dalam mengembangkan potensi.

    BalasHapus
  13. Oh baru tahu tallent mapping ada juga untuk pensiunan. Keren sih ini. Memang lansia juga perlu kegiatan yang membuat mereka nggak merasa sendiri atau gak bermanfaat

    BalasHapus
  14. Selama ini tahunya tallent mapping puat pelajar dan pekerja, ternyata ada juga ya buat calon pensiunan. Belum pernah coba. Tapi sepertinya menarik..

    BalasHapus
  15. Waktu baca kalau talent mapping ini bisa buat pensiun berarti buat buibu macam diriku msh bisa sekali ya

    BalasHapus
  16. Pemetaan jalan karir memang gak semudah itu dilakukan. Makanya memang perlu bantuan seperti ini. Menarik banget juga ada talent mapping buat calon pensiunan. Glad to hear ada yang begini akhirnya.

    BalasHapus
  17. Ini program yang sangat bagus dari dunia psikologi. Sangat bermanfaat kalau kita mengetahui talenta kita.

    BalasHapus
  18. Quotes pembukaannya bikin aku merenung. Secara emang lagi bingung banget. Karena memutuskan ikut seleksi CPNS. Pengen punya gaji tetap kayak CPNS tapi aku bingung beneran suka nggak sama pekerjaannya. Sebenernya nyaman sama pekerjaan yang sekarang cuma uangnya dikit hahaha.

    BalasHapus
  19. Bagi saya, skill itu penting disayang dan diasah terus. Meskipun status sudah merupakan seorang ibu dan bahkan belum mampu meraih karir impian.
    Skill dan karir merupakan kekuatan bagi kaum perempuan. Terutama, untuk menghadapi hal-hal tidak menentu.

    BalasHapus
  20. Wah..ada juga Talent Mapping persiapan pensiun ya? Hm..jadi penasaran nih sam yg satu ini..maklum sebentar lagi aku juga akan pensiun, hehe..

    BalasHapus
  21. Tes minat bakat kayak gini penting bgt sih, terutama yg mau mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. Minimal kita jadi tahu potensi kita di mana. Jd kita bs melangkah sejalan dgn potensi yang kita miliki. Jd penasaran pgn cb Talents Mapping ini.

    BalasHapus
  22. ini semacem tes kepribadian gitu ya? kayaknya kita butuh banget ya talents mapping ini supaya bisa lebih asah kemampuan lagi

    BalasHapus
  23. Seru banget bahas potensi diri! Talents mapping ini bener-bener bikin kita lebih ngerti kekuatan dan cara mengembangkannya. Mantap, Ummi Mya!

    BalasHapus
  24. Keren, ya! Nggak nyangka kalau ada cara seru untuk menggali bakat. Pasti banyak manfaatnya buat yang mau fokus sama impian. Terus semangat!

    BalasHapus
  25. Mengikuti Talent Mapping dari Abah Rama membuat kita tahu bakat yang dimiliki
    Nantinya bakat tersebut bisa jadi bakat yang produktif y

    BalasHapus
  26. Kalo kitanya paham dan mengetahui apa yang ada dalam diri kita, tentunya bakal mudah untuk semakin produktif. Cuma memang untuk mengenali ini yang kurang disadari ya

    BalasHapus
  27. Kalo udah mau tamat kuliah, kayaknya penting utk ikut talents mapping biar bisa tahu minat karir yg sesuai bakat dan potensi kita

    BalasHapus
  28. Wah, seru banget kayaknya ya mbak bisa konsultasi secara langsung dengan ahlinya. Penting banget ya talents mapping ini. Kita bisa tau kelebihan dan kelemahan, juga minat bakat apa yang kita miliki. Kalo udah tau gini bisa dikembangkan dengan maksimal nih.

    BalasHapus
  29. Talent itu penting untuk diketahui agar pengembangannya bisa sejalan dengan bakat alami yang sudah ada. Selanjutnya agar maksimal, ada bagusnya memang dikonsultasikan dengan orang-orang yang kompeten agar bertambah optimal bakatnya ya.

    BalasHapus
  30. Penting banget lho mengetahui potensi diri, bakat, dan talenta. Ujung-ujungnya baik untuk pengembangan diri dan skill kan ya. Apalagi kalau bisa jadi pribadi bermanfaat buat orang lain.

    BalasHapus
  31. Baru tau ada talent mapping untuk pensiunan ini paling pas buat suami saya supaya bisa ttep survive dikala masa pensiun datang ada kegiatan juga cuan ttp masuk ..makasih infonya mba

    BalasHapus

Posting Komentar