blog mya wuryandari

Belajar 3 Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel

Posting Komentar
cara menghasilkan uang dari menulis


Assalamu’alaykum pembelajar, sudah belajar apa saja hari ini? Jika pembelajar memiliki sedikit saja kemampuan menulis, jangan remehkan kemampuan yang satu ini ya, karena bahkan dengan menulis artikel saja kita bisa mengumpulkan rupiah dari yang nominalnya receh hingga puluhan juta. Bagaimana caranya? Yuk kita belajar bersama bagaimana cara menghasilkan uang dari menulis artikel.

Semoga kita semua dalam keadaan sehat sehingga masih berkesempatan untuk terus belajar. Minimal belajar bersabar dengan kondisi yang belum sesuai dengan keinginan, ataupun belajar bersyukur atas segala nikmat yang sudah kita terima hingga hari ini.

Pembelajar pasti sering mendengar anekdot, uang bukanlah segalanya, namun segalanya butuh uang, hehehe. Agaknya, semakin ke sini, manusia semakin realistis apalagi di negeri tercinta kita ini, yang perekonomiannya semakin meroket ke bawah.

Dikabarkan, daya beli masyarakat menurun, terutama di kelas menengah ke bawah. Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) edisi November 2023 menunjukkan bahwa rasio konsumsi kelompok dengan pengeluaran di bawah Rp5 juta sebagian besar mengalami penurunan. Penjualan kendaraan bermotor dari Januari hingga 2024 juga mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022 dan 2023.

Belum lagi jika kita melihat kasus-kasus mengharukan hingga menyedihkan para pencari nafkah, entah supir taksi yang terserang sakit di jalan, atau pengemudi ojek online yang meninggal di atas motor yang dikendarainya untuk mengumpulkan rupiah akibat lelah.

Setiap kondisi sulit, selalu ada yang namanya kemudahan. Begitu pula dalam ruang lingkup pekerjaan dan menghasilkan uang. Teknologi yang semakin berkembang memungkinkan kita menemukan berbagai cara untuk bekerja dan menghasilkan uang di mana saja, bahkan hanya dari rumah. Salah satunya adalah dengan menulis. Ya, penulis memang sudah kita kenal sebagai salah satu pekerjaan, terutama penulis buku, novel, ataupun penulis di media cetak. Namun,tidak menutup kesempatan juga dari penulisan artikel.

Mengapa Menulis Artikel?

Sebelum kita masuk pada bagaimana cara menghasilkan uang dari menulis artikel, bahasan ini mungkin akan memperkuat tekad kita untuk segera melangkah dan melakukan aksi nyata. Sebuah studi terbaru di luar negeri yang dilakukan terhadap sekitar 250 penulis lepas (freelance) yang mapan menunjukkan 70 persen dari mereka adalah penulis artikel. Dan menulis artikel adalah salah satu pekerjaan dengan bayaran terbaik.

Sebenarnya, berapa sih penghasilan penulis artikel yang hebat ini? Hampir setengahnya mengatakan mereka memperoleh penghasilan di bawah 20.000 dolar setahun dari menulis. 20 persen lainnya memperoleh penghasilan 20.000-30.000 dolar. Menjanjikan ya. Meskipun secara keseluruhan, sebagian besar penulis artikel ini tidak memperoleh penghasilan yang banyak. Namun, kesempatan mendapatkan banyak rupiah dari menulis artikel ini terbuka sangat lebar. Bukan hanya di luar negeri ya, di sini pun kita bisa, banyak contohnya yang belum terekspos saja, hehehe.

Tentu saja, keterampilan menulis artikel sangat dibutuhkan. Namun jangan jadi alasan tidak mencoba karena merasa tidak bisa menulis, kita bisa belajar. Semangat, yuk!

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Artikel

Untuk menghasilkan uang dari penulisan artikel, ada beberapa jalan yang bisa ditempuh, semuanya memiliki beragam tingkat kesulitan serta hasil yang didapatkan, mari kita pelajari.

1. Blogging

Ya, menulis artikel di blog pribadi. Mungkin pembelajar sudah nggak asing dengan blogging, ini bukan hanya aktivitas memenuhi hobi ya, dari blogging saja, bisa banget kita menghasilkan uang melalui beberapa cara. Tentunya hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat blog, kemudian mempelajari dunianya. Karena untuk mendapat penghasilan dari blog, kemampuan menulis mungkin menjadi separuh modal, separuhnya lagi adalah kemampuan teknis seperti memahami algoritma, memahami pasar, optimasi website, dan sebagainya.

Lalu bagaimana menulis artikel di blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah? Demikian beberapa caranya

a. Mendapat penghasilan dari Google Adsense

Bagi yang sudah memulai blogging, bisa mendaftarkan blognya untuk bisa monetasi blog dengan Google Adsense. Namun menghasilkan uang dari blog melalui jalan ini tidak mudah, selain harus mendaftar dan lolos Google Adsense, kita perlu mempelajari banyak hal agar Google Adsense kita bisa benar-benar menghasilkan dengan nominal yang cukup menggiurkan. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa ya pembelajar, dengan tekad belajar yang kuat, insyaAllah bisa kita kuasai.

b. Menulis review produk atau endorsement

Pembelajar mungkin juga sering membaca artikel di blog yang berisi review produk, semisal produk skincare, peralatan memasak atau alat rumah tangga lainnya, serta produk makanan dan minuman. Ya, dengan review produk kita bisa menghasilkan uang dari blog. Ikutilah grup komunitas yang biasanya suka berbagi info job menulis review produk ini.

c. Jasa menulis dengan backlink

Cara lain menghasilkan uang dengan blog adalah melalui jasa penulisan mengandung backlink. Kita bisa menulis tema yang diminta dengan menyertakan backlink sponsor yang membeli tulisan kita. Untuk mencari pembeli ini, selain melalui jaringan komunitas, kita bisa mendaftar pada situs-situs penjualan backlink seperti seedbacklink, rajabacklink atau backlink.co.id.

d. Promosi Event

Yang tidak kalah menariknya juga adalah melalui promosi event. Beberapa perusahaan menggaet blogger untuk bekerjasama mempromosikan event yang sedang diselenggarakan terkait promosi produknya melalui blogger gathering misalnya. Melalui promosi event ini, blogger bisa mendapat fee dengan menghadiri serta menuliskan pengalamannya mengikuti event. Mengikuti acara ini bukan hanya benefit finansial yang bisa didapat, namun juga bonus jaringan serta berkenalan dengan sesama blogger menjadi hal yang berharga sekaligus menyenangkan.

e. Lomba Blog

Satu lagi kegiatan blogging yang berpotensi menghasilkan rupiah dengan nilai yang tidak rendah adalah mengikuti kontes atau lomba blog. Memang untuk ini, tidak kemudian artikel yang kita tulis bisa menghasilkan, namun jika menang, hadiahnya bisa saja nominal yang tidak sedikit. Selain itu, mengikuti lomba juga mengasah keterampilan menulis kita.


Ituah beberapa cara yang bisa kita manfaatkan dari aktivitas blogging untuk menghaslkan uang. Memang perjalanan menghasilkan uang dari blog tidaklah singkat. Perlu banyak proses yang harus dilalui dan membutuhkan waktu, tenaga, serta ilmu yang baik dalam menjalaninya. Namun, jika tidak dimulai, maka prosesnya tidak akan berjalan, hehe, so bagi pembelajar yang mau mendapatkan kesempatan mendapat uang dari blogging, mulailah sekarang juga. 

Selain bisa menghasilkan uang, blogging juga bisa menebar manfaat dari membanu mempromosikan produk teman, tetangga hingga membantu orang lain dengan artikel informatif yang kita tulis. Jika berpengalaman juga bisa berbagi ilmu blogging yang benefitnya bisa jadi tidak hanya di dunia saja, seperti Mom Queen, teman Ummi Mya yang suka berbagi ilmunya.


2. Menjadi Freelance Writer

Selain menulis di blog pribadi, kita juga bisa mendapatan uang dengan menulis artikel yang diterbitkan situs lain. Menjadi penulis lepas untuk beberapa situs yang sudah cukup dikenal cukup menjanjikan. Detik.com misalnya, membuka peluang untuk mendapatkan uang dari hasil menulis artikel. Jika tulisan memenuhi kriteria, upah yang diberikan detik.com bisa mencapai Rp200.000 hingga Rp500.000 per-artikel. Bukan hanya itu, situs yang membuka peluang ini antara lain :

a. IDN Times

b. Brilio

c. Brisik.id

d. BasaBasi.co

e. Kompasiana

f. Rancah.com

g. Jalantikus.com

h. Nulis.co.id

i. Mojok.co

j. Sribu.com

k. Medium

Masih ada lainnya yang belum kesebut ya. Banyak juga kan, tunggu apalagi, kunjungi situsnya, daftar menjadi penulis freelance dan dapatkan pengalaman dari sana. Selamat mencoba ya pembelajar.


3. Lomba Menulis

Satu lagi cara menghasilkan uang dari menulis artikel adalah dengan mengikuti ajang lomba menulis. Mungkin lomba ini tidak menjamin semua peserta mendapatkan hasil, namun pengalaman menulis lomba akan mengasah kemampuan kita menulis, dan jika berhasil menang, hadiahnya bisa bernilai fantastis.

Tips Berhasil Menulis yang Bisa Menghasilkan Uang

Setelah menetahui peluang-peluang di atas, Ummi Mya juga merangkum sedikit tips yang bisa dilakukan agar upaya kita menulis artikel bisa benar-benar menghasilkan. Ini diantaranya :

1. Meningkatkan Kualitas Portofolio

Siapkan portofolio yang menunjukkan kemampuan menulis kita, upayakan kualitas pekerjaan terbaik. Ini akan membantu klien melihat kemampuan secara nyata. Lebih bagus lagi jika menyertakan prestasi serta pengalaman menulis kita di berbagai media.

2. Bangun Jaringan Online

Seperti salah satu guru blogging Ummi Mya sampaikan, jangan remehkan peran komunitas. Bergabunglah dalam komunitas penulis online, forum, dan media sosial terkait. Jaringan akan sangat membantu kita menemukan peluang penghasilan baru.

3. Pasang Harga yang Kompetitif

Ketika memulai, kita bisa tawarkan harga yang kompetitif. Tentu saja baiknya lakukan riset terlebih dahulu terkait standar tarif di pasaran, lalu tentukan harga yang paling sesuai dengan skill, pengalaman, dan kebutuhan kita.jangan psang harga terlalu tiggi atau meremehkan diri sendiri dengan memasang harga terlalu rendah.

4. Menjaga Kualitas Layanan

Upayakan selalu merespons pertanyaan ataupun pesan dari klien dengan cepat, memahami persyaratan & instruksi project dengan baik, dan memberikan hasil yang memenuhi atau bahkan melebihi harapan klien.

5. Evaluasi

Secara berkala, evaluasi hasil project yang pernah dilakukan dan memeriksa kualitasnya, jika itu ditlis diblog, kita bisa melihat hasil analitiknya, misal. Sehingga kita bisa memperbaiki kesalahan ataupun meningkatkan kualitas dari tulisan kita, yang akan berdampak pada bertambahnya peluang.


Penutup

Demikian pembelajar, catatan belajar tentang cara menghasilkan uang dari menulis artikel, semoga bermanfaat ya. Jika pembelajar memiliki ketertarikan dan kemampuan menulis sekecil apapun, silakan diasah dan dikembangkan, jika bisa menghasilkan uang dari hobi yang kita lakukan, mengapa tidak bukan? Selain hasil uang yang didapat, kita pun berkesempatan berbagi kepada sesama melalui tulisan. Semangat, selamat belajar!



Salam, Ummi Mya.



Referensi :

https://www.sribu.com/id/blog/menulis-artikel-dibayar/
https://id.quora.com/
https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-mendapatkan-uang-dari-blog/
https://makealivingwriting-com.translate.goog/12-ways-earn-article-writing/
https://www.sribu.com/id/blog/menulis-artikel-dibayar/



Related Posts

Posting Komentar